Cara Pasang CCTV Sendiri, Apa yang Dibutuhkan?

Banyak orang saat ini membutuhkan CCTV sebagai tambahan keamanan di rumah baik untuk mengawasi aset ataupun memantau keluarga. Cara pasang CCTV bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan teknisi karena alat pemasangan tergolong mudah didapat.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk memasang CCTV biasanya sudah ada di rumah seperti obeng, baut, isolasi dan lain-lain. Untuk pemasangan CCTV yang menempel di tembok harus menggunakan bor. Jika anda tidak memiliki bor anda bisa meminjam tetangga yang punya.

Alat untuk Memasang Kamera CCTV

Peralatan yang dibutuhkan untuk memasang CCTV tidak begitu susah didapat. Berikut ini beberapa alat dan bahan untuk memasang CCTV sendiri di rumah.

Bor Tembok

Untuk pemasangan kamera CCTV outdoor dan indoor anda membutuhkan bor untuk melubangi tembok. Ukuran mata bor yang biasanya digunakan untuk pemasangan kamera CCTV umumnya berukuran 6mm. Baut kamera CCTV sudah ada di paket pembelian jadi anda tidak perlu membeli baut terpisah.

Obeng Plus

Kebanyakan baut CCTV menggunakan jenis baut plus sehingga dalam pemasangannya dibutuhkan obeng plus ukuran sedang. Biasanya obeng ini bisa dibeli di toko material terdekat di area anda. Rata-rata di dalam dus pembelian sudah ada baut untuk pemasangan dan anda tidak perlu lagi membelinya. Silahkan cek terlebih dahulu untuk melihat tersedia atau tidaknya baut tersebut.

Gunting Kabel

Gunting kabel berfungsi untuk memotong kabel jika dibutuhkan. Misalnya, kabel kurang panjang maka anda harus memotong kabel tersebut kemudian menyambungnya. Anda bisa menggunakan gunting biasa yang ada di rumah untuk sementara waktu.

Isolasi Kabel

Setelah melakukan penyambungan kabel CCTV perlu ditutup lagi dengan isolasi. Tujuannya agar tidak terjadi korsletting pada output adaptor yang bisa menyebabkan malfungsi atau kerusakan pada adaptor.

Cara Pasang CCTV Wifi Tanpa DVR

Cara pasang CCTV Wifi cukup mudah dan bisa dikerjakan sendiri karena tidak menggunakan DVR sebagai sarana penyimpanan video. Cara pemasangan bisa dilakukan bahkan oleh awam sekalipun yang tidak mengenal prosedur pemasangan CCTV.

  1. Siapkan unit CCTV Wifi yang sudah anda beli. Cek kelengkapan unit termasuk adaptor dan baut serta penyangga CCTV wifi tersebut.
  2. Reset Unit untuk memastikan bahwa setting awal bisa dimulai. Anda bisa menekan tombol reset selama 5-10 detik hingga terdengar suara sukses mereset.
  3. Download Software / Aplikasi sesuai dengan merk dan tipe kamera CCTV dari playstore. Misalnya untuk kamera wifi Ezviz memakai aplikasi Ezviz, Kamera TPlink menggunakan aplikasi Tapo, Bardi dengan Bardi Smart Home dan seterusnya.
  4. Setting CCTV Wifi agar terkoneksi ke Wifi yang ada di rumah menggunakan aplikasi yang sudah didownload tadi. Pastikan Wifi bisa menjangkau posisi kamera wifi sesuai dengan posisi pemasangan. Cara koneksi CCTV wifi ke hotspot biasanya ada di buku manual dan anda bisa melakukan setting sesuai instruksi manual.
  5. Setelah sukses dan bisa dipantau via aplikasi handphone maka selanjutnya tinggal tahap pemasangan.

Kesimpulan dan Catatan

Anda bisa melakukan pemasangan dengan prosedur cara pasang CCTV tersebut sendiri tanpa bantuan teknisi dengan mudah. Namun untuk pemasangan CCTV menggunakan DVR biasanya membutuhkan pengetahuan yang cukup agar bisa mengerjakan pemasangan dengan baik sesuai standar.

Berikut ini ada beberapa catatan agar CCTV anda awet dan bekerja maksimal.

  • Jangan memasang kamera Indoor di luar ruangan apalagi jika terkena air hujan secara langsung karena bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen CCTV Wifi tersebut. Ada jenis CCTV wifi outdoor yang dikhususkan untuk penggunaan luar ruangan
  • Hindarkan dari bahan kimia yang menyengat dan panas yang berlebihan seperti di atas kompor dan peralatan lain yang sifatnya mengeluarkan panas
Copyright © 2022 - JasaPasang.net
Kontak CS Via Whatsapp
Online Support 24/7
1 2 3