Perbedaan DVR dan NVR, Jangan Salah Pilih!

Perbedaan DVR dan NVR – Perkembangan CCTV saat ini memang begitu drastis. Berbagai merek kenamaan berlomba-lomba menyajikan produk kualitas bagus dengan harga terbaik. Perangkat CCTV ini ternyata punya sistem yang cukup rumit yakni terdiri dari kamera dan juga DVR.

DVR CCTV berfungsi sebagai sarana kontrol dan penyimpanan data rekaman dari gambar yang dihasilkan oleh kamera. Kamera menangkap objek video kemudian DVR memproses dan menyimpan di dalam Hardisk.

Bagi orang awam biasanya cukup bingung apa itu DVR dan juga NVR. Keduanya kadang dianggap sama padahal masing-masing alat ini berbeda dalam segi penggunaan dan juga cara kerja. Berikut ini kita akan bahas perbedaan DVR dan NVR berikut kelebihan dan kekurangannya.

Apa Itu DVR dan NVR?

DVR merupakan kepanjangan dari Digital Video Recorder, Sedangkan NVR kepanjangan dari Network Video Recorder. Kedua alat ini mempunyai kegunaan yang sama yaitu sebagai sarana menyimpan hasil rekaman CCTV dan juga menampilkan video ke monitor.

Perangkat DVR sudah dikenal sejak dahulu dan memiliki sejarah yang cukup panjang. Perangkat ini mengalami kemajuan yang cukup pesat pada masa belakangan ini. Kemampuannya bukan hanya sekedar menyimpan video melainkan bisa mendeteksi manusia, kendaraan, daun, dan lain sebagainya dengan adanya fitur AI (Artificial Inteligent).

Perbedaan Antara DVR dan NVR

Ada beberapa hal yang membedakan antara keduanya baik dari fisik maupun penggunaannya. Berikut ini adalah perbedaan DVR dan juga NVR.

Konektor yang ada di Belakang

Ciri-ciri fisik perbedaan yang mudah dikenali adalah dari Port Konektor ke kamera yang digunakan. DVR menggunakan konektor BNC Coaxial sedangkan NVR menggunakan port LAN Jack RJ45.

Jumlah konektor kamera di DVR CCTV biasanya menyesuaikan jumlah channel kameranya. Saat ini DVR CCTV tersedia dengan port input BNC kamera 4, 8, 16 dan 32 Channel. Semua port yang ada tersebut tidak harus terpakai. Kita bisa custom penggunaan sesuai kebutuhan.

Kalau DVR menggunakan port BNC, lain halnya dengan NVR. NVR menggunakan sistem jaringan lokal sebagai sarana transfer data antara kamera dengan mesin perekam. NVR bisa menggunakan jaringan LAN dan juga bisa menggunakan jaringan WiFi.

Jenis Kamera yang Dipakai

Perbedaan berikutnya ada pada jenis kamera yang dipakai. DVR menggunakan kamera Analog HD yakni kamera dengan input DC dan BNC. Sedangkan NVR memakai kamera jenis IP yang interfacenya adalah colokan Jack LAN RJ45.

Jenis Kabel yang Digunakan

Karena kedua konektor kamera berbeda maka tentu saja kabel yang digunakan juga berbeda. Konektor pada perangkat DVR menggunakan jack BNC kabel RG59 atau RG6 sedangkan NVR menggunakan kabel jaringan LAN UTP.

Kualitas dan Resolusi Gambar

IP Camera dikenal dengan resolusi gambar yang real sehingga dianggap opsi jika konsumen ingin kualitas gambar terbaik. Kualitas gambar pada perangkat NVR lebih tahan terhadap interferensi sinyal sehingga gangguan seperti gambar bergoyang, bergaris, dan buram nyaris tidak ada.

Kelebihan dan Kekurangan DVR NVR

Karena menggunakan sistem yang berbeda tentu saja kedua perangkat ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Sebelum menentukan pilihan mana yang paling tepat untuk sistem CCTV anda maka perlu melihat juga kelebihan dan kekurangan dari masing-masing.

Kelebihan dan Kekurangan DVR

Pertama kita akan bahas kelebihan DVR terlebih dahulu. DVR adalah salah satu jenis perekam yang paling banyak digunakan saat ini. Kelebihan DVR ini adalah dia bisa berfungsi ganda sebagai pengganti NVR. Di dalam setting program DVR kita bisa membuat dan menambahkan Kamera IP ke dalam sistem.

Selain kelebihan di atas, DVR juga dinilai lebih ekonomis karena harga perangkat kamera yang lebih murah. Meskipun murah tetapi teknologi DVR saat bisa menampilkan gambar dengan jelas dan tajam.

Dari sisi kekurangan, DVR ini rawan gangguan atau interferensi sinyal liar yang pada akhirnya membuat gambar bergoyang, nge-blur, bergaris dan lain sebagainya. Tetapi jika pemasangan sesuai dengan ketentuan dan teknisi pemasangan sudah ahli maka kekurangan tersebut bisa diatasi.

Kelebihan dan Kekurangan NVR

Terakhir kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan NVR. Seperti yang dibahas di atas bahwa NVR mempunyai kelebihan dari sisi kualitas gambar. Selain itu NVR bisa bekerja tanpa menggunakan kabel. Untuk bisa wireless tentu saja perangkat kamera juga harus mendukung koneksi via Wireless dan mendukung protokol yang cocok dengan DVR.

Sayangnya dari sudut pandang harga, CCTV dengan sistem NVR menggunakan kamera IP. Sehingga nanti total biaya yang dikeluarkan untuk memiliki CCTV ini akan lebih mahal.

Copyright © 2023 - JasaPasang.net
Jasa Pasang Profesional & Berpengalaman