Cara Merakit Power Amplifier Sanken 1000 Watt

Kali ini admin akan membagikan pengalaman cara merakit power amplifier 1000 Watt Strereo menggunakan Sanken. Bagi penggemar dunia elektronika tentu tidak asing lagi dengan Power Amplifier. Selain menjadi hobi, membuat power juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Power Amplier 1000 watt tergolong perangkat audio berdaya tinggi. Untuk keluaran real bisa sampai 500 watt dalam kondisi volume aman maksimal.

Amplifier audio jenis Sanken ini banyak diminati orang karena karakter suaranya yang kuat dan cocok untuk penggunaan sound lapangan.

Bahan untuk Merakit Power Amplifier 1000 Watt

Kit Power Sanken 1000 Watt

Kit ini terdiri dari 8 Transistor final sehingga menghasilkan power yang tinggi. Anda bisa merakitnya sendiri dengan menggunakan modifikasi Driver Power Sanken 400 Watt atau jika tidak mau repot bisa dibeli di marketplace kesayangan anda.

Trafo CT 20A

Di sini ukuran trafo untuk power 1000 Watt adalah 20A dengan tegangan keluaran CT. Sebisanya anda menggunakan trafo murni agar mendapatkan ampere yang real contohnya seperti trafo merek ERA.

Elco dan Dioda Kiprok

Kita tahu bahwa Elco adalah Kondensator Elektrolit yang umumnya berbentung tabung. Untuk merakit power Sanken 1000 Wat setidaknya dibutuhkan Elco 10.000 mf dengan jumlah 4 Buah.

Tone Control Stereo

Seperti biasa, Tone Control adalah kit elektronik yang wajib ada di power audio rakitan. Biasanya Tone Control terdiri dari bass, treble, Volume dan Balance. Sebagian juga ada Midle untuk mengatur suara tengah-tengah.

Kabel, Solder dan Timah

Kabel, Solder dan timah kira-kira fungsi dan cara pakainya bagaimana pasti pada tahu. Semua hobbies pasti sudah familiar dengan part-part tersebut. Tetapi perlu diperhatikan bahwa dalam perakitan Power 1000 Watt butuh kabel dengan diameter yang besar agar mampu menghantarkan arus tinggi.

Langkah-langkah Perakitan

Cara merakit Power amplifier 1000 watt sebenarnya tidak terlalu sulit. Sama halnya dengan perakitan alat elektronik pada umumnya, membuat power ini hanya melalui tahap-tahap penyolderan dan percobaan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tahapan berikut.

  1. Solder bagian supply DC terlebih dahulu untuk memastikan tegangan keluaran sesuai kebutuhan kit amplifier. Rangkai Trafo 20A, Elco, dan Kiprok sesuai dengan skema di atas.
  2. Tes tegangan menggunakan multimeter digital karena multimeter ini hasilnya lebih akurat daripada tester analog. Pastikan tegangan min dan plus berada di kisaran 80 Volt.

Tahap Uji Coba Power 1000 Watt

Setelah perakitan selesai alangkah baiknya pastikan dulu semua sudah sesuai skema. Maksudnya jalur untuk tegangan positif (+) masuk ke kit positif begitu juga min dan Ground. Jangan sampai salah karena jika salah akan mengakibatkan kit terbakar dan tidak akan bisa digunakan lagi.

Sebelum menyambungkan ke Speaker sebaiknya cek dengan VU Meter atau dengan tester analog. Jika menggunakan tester analog arahkan jarum switch ke arah 100v AC. Jika tester analog memantul sebentar dan kembali ke posisi 0 berarti semua baik-baik saja.

Biaya Merakit Power 1000 Watt

Sekarang kita coba itung-itungan biaya yang dikeluarkan untuk merakit power 1000 watt ini. Biaya ini hanya sekedar estimasi karena kenyataan harga di lapangan bisa berbeda tergantung penjual sparepart tersebut.

Copyright © 2022 - JasaPasang.net
Kontak CS Via Whatsapp
Online Support 24/7
1 2 3