Cara Menghemat Tagihan Listrik di Rumah

Pusing dengan tagihan listrik yang semakin membengkak? Sebagian orang mungkin agak heran kenapa biaya bulanan berbeda dengan bulan sebelumnya. Jangan kaget, memang pemerintah sebelumnya telah menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) sehingga ini jelas akan mempengaruhi tagihan bulanan listrik anda.

Mungkin bagi sebagian orang dengan biaya listrik 100 atau 200 ribu masih murah, tetapi bagi sebagian besar rasanya sayang sekali jika harus membayar sekian perbulannya. Agar tagihan listrik di rumah bisa lebih hemat anda bisa menyimak artikel ini. Inilah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghemat tagihan listrik di rumah.

Gunakan Alat Elektronik Seperlunya

Jika anda terbiasa menggunakan listrik tanpa kendali, maka ini saatnya anda merubah kebiasaan tersebut. Misalnya anda menyalakan TV tetapi sering tidak ada yang menonton maka sekarang anda harus mematikannya.

Alat elektronik seperti TV ini cukup menguras daya listrik rumah apalagi yang masih model TV tabung. Bayangkan jika TV anda berdaya 50 Watt menyala dalam waktu 15 Jam saja maka sehari TV anda menghabiskan daya 750 Watt atau hampir 1 KWH.

Pakai Alat Berdaya Rendah

Sebelum anda membeli barang elektronik ada baiknya anda memperhatikan konsumsi daya alat tersebut. jangan asal beli perkakas elektronik tetapi ternyata kebutuhan dayanya besar yang tentunya akan membuat boros listrik. Biasanya besaran Watt pada alat elektronik ada di body belakang atau juga di buku panduan pembelian.

Banyak alat elektronik berdaya rendah yang bisa menjadi pilihan. Misalnya AC dengan teknologi inverter, Kulkas dan lain sebagainya. Untuk lebih

Memakai Lampu Hemat Energi

Memasang lampu hemat energi adalah salah satu cara menghemat biaya tagihan listrik anda. Lampu hemat energi biasanya menggunakan LED sebagi sumber cahaya. Seperti yang kita ketahui bahwa lampu LED (Light Emitting Diode) mengkonsumsi daya sangat kecil sehingga saat ini diaplikasikan ke lampu rumahan.

Lampu hemat energi LED tersedia banyak varian mulai dari 5 Watt hingga 50 Watt. Jika dibandingkan maka lampu daya 1 Bohlam konvensional sama dengan 10 Lampu led. Ini berarti LED sangat hemat daya dan cocok untuk menghemat konsumsi daya listrik di rumah.

Gunakan Lampu Otomatis

Saat ini tersedia banyak sekali macam varian Lampu hemat energi yang dilengkapi dengan sensor. Baik itu sensor cahaya ataupun sensor gerak. Harga lampu otomatis ini juga tergolong murah dan anda bisa membelinya dengan harga 30 ribuan.

Lampu Otomatis ini tentunya secara drastis akan menghemat tagihan listrik bulanan anda karena pada saat tidak dipakai maka lampu akan otomatis mati. Anda bisa memasang lampu jenis ini di area seperti kamar mandi, gudang, halaman belakang dan lain sebagainya.

Memasang Smart Switch

Cara lain agar penggunaan listrik di rumah bisa lebih hemat adalah dengan memasang saklar otomatis. Kita bisa mengatur jadwal hidup dan mati lampu sesuai keinginan. Misalnya jadwal menyala pada sore hari jam setengah 6 dan mati pada jam 6 pagi.

Bahkan dengan Timer Otomatis ini anda bisa menyalakan lampu rumah meskipun anda sedang ada di luar kota. Jenis timer yang bisa di kontrol jauh adalah yang berjenis Wifi atau Smart Switch. Harganya juga tidak mahal yaitu kisaran 50 ribuan hingga 70 ribuan saja.

Cara ini cukup efektif bagi yang sering lupa mematikan lampu atau sering bangun kesiangan. Ini tentunya akan cukup menghemat hidupnya lampu sekitar 2 sampai 3 jam.

Gunakan Listrik Prabayar

Jika anda masih menggunakan meteran listrik lama maka sebaiknya anda mengganti dengan meteran prabayar. Keunggulan meteran prabayar ini yaitu tidak ada tagihan listrik di kemudian hari. Kita membeli token pulsa listrik berarti itulah yang akan kita habiskan.

Jika pulsa meteran prabayar sudah berada di ambang bawah yaitu antara 5KWH maka alarm akan berbunyi. Setelah itu kita bisa mengisi token sesuai keinginan antara 20 ribu, 50 ribu, 100 ribuan hingga jutaan. Tentunya ini lebih nyaman dan anda tidak perlu khawatir dengan tagihan listrik.

Kurangi Penggunaan Heater

Mesin pemanas notabene merupakan salah satu momok penggunaan daya listrik. Sejenis mesin heater ini banyak sekali mengkonsumsi daya listrik. Contoh alat yang paling banyak memakan daya listrik adalah setrika, dispenser dan water heater listrik.

Setrika listrik ini rata-rata mengkonsumsi daya sekitar 300 hingga 400 watt. Begitu juga dengan water heater dan dispenser. Sebaiknya anda mematikan dispenser dan mending mamanaskan air dengan kompor gas agar sedikit banyak bisa menghemat tagihan listrik di rumah.

Kurangi Penggunaan Mesin Cuci

 

Copyright © 2022 - JasaPasang.net
Kontak CS Via Whatsapp
Online Support 24/7
1 2 3