Penyebab CCTV Tidak Tampil di Monitor

Kamera CCTV bisa mencegah berbagai macam tindak kriminal. Selain itu juga ada kegunaan lain seperti monitoring aset dan keluarga di rumah. Tetapi, apabila CCTV tidak bisa menampilkan gambar secara normal tentu akan menjadi masalah. Kali ini admin akan membahas penyebab CCTV tidak tampil di monitor.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa CCTV tidak tampil di monitor. Cara ini bisa anda coba sebelum anda memutuskan untuk memanggil jasa teknisi CCTV untuk meminta bantuan.

Monitor CCTV Tidak Tampil Sama Sekali

Kasus pertama adalah layar monitor CCTV tidak tampil sama sekali atau blank. Kondisi ini layar hanya tampilan hitam dan tidak memunculkan kotak-kotak CCTV maupun menu saat di klik. Berikut ini penyebab dan deteksi awal yang bisa dicoba.

Kabel VGA/HDMI Rusak

Kejadian hilangnya tampilan CCTV bisa jadi karena kabel monitor rusak. Ada 2 jenis kabel yang biasa ada di DVR CCTV yaitu kabel VGA dan HDMI. Untuk memastikan anda bisa mencoba mengganti dengan kabel VGA/HDMI lain.

Monitor LCD Rusak

Jika langkah di atas ternyata tidak bisa maka bisa jadi monitor masalah ada di monitor LCD. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa terkadang CCTV tidak muncul tampilan disebabkan oleh monitor LCD dan bukan CCTV yang rusak. Oleh karena itu, anda bisa mencoba mengganti monitor terlebih dahulu.

Mesin DVR Mati

Penggunaan dalam jangka yang cukup lama bisa saja menyebabkan DVR rusak. Jika 2 langkah di atas sudah di coba dan ternyata tidak bisa maka besar kemungkinan DVR yang mengalami masalah. Anda bisa mengontak vendor jasa pemasangan CCTV anda untuk klaim garansi jika masih dalam masa garansi.

Kamera CCTV tidak Tampil Sebagian

Masalah yang sering dialami oleh konsumen yaitu CCTV tidak tampil sebagian pada tampilan monitor. Contohnya ada 8 Channel kamera dan yang tidak muncul ada di kamera 3 dan 6 maka bisa dipastikan kabel VGA dan DVR CCTV baik-baik saja. Ada beberapa penyebab jika CCTV anda tidak muncul sebagian channel.

Kabel Putus

CCTV konvensional menggunakan kabel sebagai sarana transmisi data video. Jika kabel putus maka tentu saja ini akan menyebabkan gambar CCTV hilang. Biasanya pada CCTV dengan koneksi kabel Coaxial terjadi korosi di bagian kabel power DC. Jika koneksi kamera CCTV ke DVR mengguanakn kabel LAN maka harus dicek secara detil lagi baik masalah kabel ataupun konflik IP.

Adaptor / PSU Rusak

Kamera CCTV membutuhkan catu daya untuk bisa aktif. Ada beberapa jenis adaptor yang dipakai untuk menghidupkan kamera CCTV yaitu adaptor standar dan central. Adaptor standar 2 Ampere biasa untuk men-supply CCTV dan butuh adaptor sesuai jumlah kamera. Yang kedua Power Supply Central, yaitu 1 power supply untuk men-supply tegangan semua kamera yang ada.

Jika adaptor mati maka tentunya kamera CCTV tidak bisa tampil di monitor. Solusinya anda bisa mengganti atau mencoba adaptor dengan tegangan dan arus yang sama. Untuk adaptor power Supply ada kemungkinan sekering putus. Mengetahui sekering putus atau tidaknya bisa anda gunakan multimeter atau bisa cek lampu LED samping sekering menyala atau tidak.

Konektor Korosi

Penggunaan dalam jangka yang cukup lama bisa menyebabkan CCTV tidak tampil sempurna. Kamera CCTV membutuhkan 2 konektor yakni konektor DC dan BNC. Kedua konektor tersebut sebagai penghubung ke mesin dvr dan supply tegangan. Lebih-lebih jika penggunaan outdoor maka besar kemungkinan konektor akan mengalami korosi karena panas dan hujan.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kamera CCTV tidak tampil di monitor. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mengalami permasalahan tersebut. Jika anda masih mengalami kesulitan atau tidak punya waktu untuk memperbaiki silahkan kontak kami.

Copyright © 2022 - JasaPasang.net
Whatsapp Jepe