Pilih CCTV Kabel atau Wireless?

Banyak di antara konsumen kami bingung mau pilih CCTV mau yang Kabel atau Wireless. Sebagai penyedia CCTV tentunya kewajiban kami menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing karena kita tahu bahwa setiap produk pasti punya keunggulan dan kelemahan.

Sebelum anda menentukan pilihan jenis CCTV alangkah baiknya mengenal perbedaan dari kedua model CCTV tersebut. Baik perorangan maupun perusahaan umumnya saat ini menggunakan CCTV jenis kabel karena dinilai lebih handal daripada CCTV Wifi. Tetapi tidak menutup kemungkinan beberapa tahun ke depan CCTV akan mengalami perkembangan yang signifikan.

Jenis CCTV Kabel

Pertama kita akan bahas CCTV kabel terlebih dahulu karena CCTV jenis kabel. Ada 2 jenis CCTV kabel yang saat ini ada di pasaran yaitu jenis Coaxial dan IP Camera. Keduanya sama-sama menggunakan kabel sebagai sarana pengiriman data video. IP Camera menggunakan jaringan LAN dan Coaxial menggunakan kabel baik RG59 ataupun RG6.

Kedua CCTV kabel di atas juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing baik dari segi harga maupun kualitas. Untuk kelebihan dan kekurangan CCTV IP dan AHD ini ada di artikel lain.

Kelebihan CCTV Kabel

  • Lebih reliable karena tidak akan ada intervensi sinyal wireless. Seperti yang kita tahu bahwa CCTV Wifi menggunakan frekuensi 2.4Ghz yang bisa saja intervensi dengan sinyal wifi lain.
  • Lebih maksimal dalam kapasitas pengiriman video. Tidak seperti CCTV wireless yang memiliki keterbatasan volume video. Hal ini tentu saja akan berpengaruh besar pada resolusi yang dihasilkan.

Kekurangan CCTV Kabel

  • Karena menggunakan kabel maka cost pemasangan CCTV kabel ini juga bisa saja mahal. Semakin besar lokasi pemasangan maka kebutuhan kabel akan semakin banyak.

Jenis CCTV WiFi / Wireless

Seperti sebutannya CCTV jenis Wifi ini tidak menggunakan kabel sebagai sarana transmisi video. Orang menganggap bahwa CCTV Wifi lebih enak dibandingkan kabel padahal kamera tetap butuh kabel power untuk menyalakan alat tersebut.

Jika ingin CCTV yang benar-benar Wireless saat ini sudah ada CCTV yang murni tanpa kabel karena tidak membutuhkan sumber power dari luar. Tetapi CCTV tersebut saat ini masih dibanderol dengan harga yang cukup mahal yakni antara 1 jutaan hingga 2 jutaan perkamera.

Kelebihan CCTV Wireless

  • Mengurangi penggunaan kabel. Mengapa mengurangi? Karena pada kenyataannya CCTV wireless tetap menggunakan kabel dan tentunya pemasangan kabel power juga dibutuhkan.
  • Karena menggunakan teknologi data maka permasalahan pada CCTV kabel tidak ada lagi seperti gambar bergoyang dan lain sebagainya.

Kekurangan CCTV Wireless

  • Keamanan data lebih rentan karena ada di dalam network yang bisa saja orang lain menyusup tanpa pemilik tahu. Jadi dalam melakukan instalasi CCTV jenis ini diperlukan pengetahun teknisi yang mumpuni.
  • Rawan interferensi gangguan sinyal lain seperti modem router dan alat-alat wifi lain.

Trus, Pilih Kabel atau Wireless?

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda masih bingung mau pilih CCTV Kabel atau Wireless? Jika masih bingung anda bisa berkonsultasi dengan kami via Whatsapp dan kami akan membantu anda memilih model CCTV yang cocok untuk anda.

Copyright © 2022 - JasaPasang.net
Kontak CS Via Whatsapp
Online Support 24/7
1 2 3