Cara Setting IP Camera Hikvision dengan Mudah

Tidak seperti kamera CCTV analog, IP Camera harus kita setting terlebih dahulu sebelum digunakan. Jika tidak maka kamera tidak akan bisa terkoneksi dengan NVR dan menampilkan gambar CCTV sesuai harapan. Cara setting IP Camera hikvision tidak terlalu sulit karena kita bisa menggunakan laptop ataupun PC komputer.

Secara default, alamat IP pada camera Hikvision berada di rentang 192.168.1.xxx. Terkadang cukup sulit menemukan ip tersebut tanpa bantuan IP Scanner. IP Scanner biasa digunakan untuk menemukan IP aktif dalam jaringan lokal LAN. Agar lebih mudah dan tidak ribet kita bisa setting kamera CCTV IP hikvision dengan software yang telah disediakan dan dikembangkan oleh Hikvision.

Aktivasi dan Setting IP Camera Hikvision

Aktivasi dan setting CCTV IP Kamera Hikvision ini harus menggunakan software komputer yakni SADP Tool. SADP Tool ini merupakan software untuk aktivasi perangkat CCTV, modifikasi parameter, Reset Password dan lain sebagainya.

Perlu anda ketahui bahwa SADP Tool ini bekerja di jaringan lokal. Jadi sebelum melakukan setting maka kita harus setting IP komputer atau laptop terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah aktivasi IP Camera Hikvision dengan SDAP.

  • Download SADP Tool dari browser di Laptop
  • Install Software sesuai petunjuk hingga selesai
  • Setting alamat IP komputer dan hubungkan IP Camera Hikvision dengan kabel LAN
  • Klik Refresh agak software mendeteksi perangkat baru yang sedang terkoneksi

Setting IP Kamera dengan Browser

Setelah aktivasi maka selanjutnya anda bisa mengubah parameter IP Camera hikvision via GUI Web Browser seperti Chrome atau Mozilla Firefox. Banyak yang bisa kita ubah settingnya seperti nama IP kamera, Resolusi, Ketajaman, Mode WDR, Infrared dan lain sebagainya. Untuk pembahasan mengenai setting IP Camera Hikvision bisa kami tulis lagi lain waktu.

Menghubungkan IP Camera dengan NVR

Tahap terakhir adalah menghubungkan IP Camera hikvision dengan NVR. NVR tidak harus menggunakan merk yang sama karena rata-rata NVR sudah support dengan protokol Onfiv. Merk-merk NVR lain yang bisa menampilkan IP Cam Hikvision adalah Dahua, HiLook, SPC, dan lain sebagainya. Selain NVR, DVR CCTV standar juga bisa menerima dan menampilkan CCTV IP Cam.

Copyright © 2022 - JasaPasang.net
Kontak CS Via Whatsapp
Online Support 24/7
1 2 3