Cara Pasang CCTV Hikvision Cepat dan Mudah

Hikvision adalah salah satu merk CCTV unggulan yang ada di pasaran kita saat ini. Salah satu merk CCTV yang cukup laris dan banyak terpasang di berbagai sudut tempat di sekitar kita. Berikut ini admin akan menjelaskan secara detil mengenai cara pasang CCTV Hikvision.

Persiapan Sebelum Pemasangan

Sebelum melakukan pemasangan anda harus memastikan kelengkapan paket terlebih dahulu agar tidak repot mencari material dan kelengkapan lagi. Selain itu siapkan juga alat-alat untuk instalasi yang bisa kita temukan di rumah.

Periksa Kelengkapan Paket CCTV

Dalam pembelian paket CCTV Hikvision biasanya penjual sudah memastikan kelengkapan paket. Berikut ini adalah kelengkapan paket yang harus ada sebelum melakukan pemasangan.

  • Unit Kamera Indoor dan Outdoor
  • Unit DVR CCTV Hikvision
  • Hardisk
  • Adaptor DVR 12V 2A
  • Mouse Optic USB
  • Kabel CCTV RG59 + Power
  • Jack DC & BNC
  • Adaptor / PSU Untuk Power Kamera
  • Monitor LCD / TV Led
  • Kabel VGA atau HDMI

Siapkan Alat dan Material Pendukung

Untuk dapat memasang CCTV baik di plafon dan di tembok tentunya membutuhkan peralatan. Alat-alat tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Tangga untuk naik turun bangunan
  • Bor Listrik untuk melubangi tembok
  • Obeng Plus untuk memasang baut kamera
  • Gunting untuk memotong dan mengupas kabel

Selain alat-alat di atas anda juga perlu menyiapkan material bantu pemasangan. Material tersebut bisa dengan mudah ditemukan di toko bangunan terdekat. Material bantu tersebut antara lain.

  • Isolasi untuk menutup konektor-konektor
  • Klem Kabel untuk merapikan instalasi

Langkah Pemasangan CCTV Hikvision

Cara pasang kamera CCTV Hikvision relatif sama dengan kamera merk lain. Peralatan yang dipakai untuk melakukan instalasi juga dengan mudah bisa kita temukan di sekitar kita seperti yang telah disebutkan item-itemnya di atas.

Pasang Kamera CCTV Hikvision di Plafon

Agar tampilan interior rumah tetap estetis maka sebaiknya kita memasang kamera indoor Hikvision di Plafon. Kabel dan konektor kamera kita letakkan di atas plafon agar tidak terlihat mata secara langsung.

Untuk memasang kamera CCTV indoor Hikvision, pastikan dulu anda bisa memisahkan cover kamera dengan dudukan lobang baut. Cara melepas dudukan kamera Hikvision memang agak susah karena material cover cukup keras.

Berikut langkah-langkah memasang kamera CCTV Hikvision Indoor di Plafon.

  1. Lubangi Plafon dengan menggunakan gunting dengan lebar lobang sekitar 2CM karena kamera ini terdapat switch pengganti mode yang cukup besar.
  2. Pasang terlebih dahulu dudukan CCTV dengan 3 baut terpasang. Gunakan baut yang sesuai dengan jenis material plafon misalnya menggunakan baut gypsum. Posisi lubang usahakan persis berada di tengah agar memudahkan mencari posisi terbaik.
  3. Tarik kabel CCTV dari DVR ke lobang kamera yang telah kita buat tadi dari atas plafon. Hati-hati karena biasanya kelistrikan akan terganggu jika kita asal menginjak kabel.
  4. Jika ujung kabel sudah keluar dari lobang 2CM tadi, langkah selanjutnya adalah memasang konektor BNC dan DC.
  5. Pasang konektor ke masing-masing jack female yang ada di kabel kamera sesuai dengan jenis jacknya.
  6. Pasang Kembali Cover kamera yang tadi dilepas sampai ada bunyi “klek” agar kuat dan tidak mudah jatuh.
  7. Posisikan sesuai dengan titik pandang kamera dengan cara memutar-mutarnya.
  8. Selesai, kamera indoor sudah terpasang dan siap untuk bisa disambungkan ke DVR CCTV.

Pasang Kamera CCTV Hikvision di Tembok

Untuk kamera Hikvision jenis outdoor biasanya kita memasang unit CCTV di tembok dengan bantuan bor agar kuat dan kokoh. Hal ini tentunya agar unit CCTV tidak mudah dirusak orang lain.

Berikut ini prosedur cara pemasangan CCTV outdoor di tembok.

  1. Tentukan posisi kamera sesuai titik terbaiknya yang telah ditentukan sesuai sket awal.
  2. Buat lobang di tembok menggunakan bor listrik. Biasanya kamera CCTV Outdoor hikvision telah menyediakan stiker template agar memudahkan dalam pemasangan kamera CCTV di tembok.
  3. Pasang Fischer yang telah disediakan di dalam paket pembelian unit kamera CCTV Outdoor Hikvision.
  4. Pasang CCTV Outdoor dan usahakan untuk memasang baut di semua lubang agar kamera CCTV lebih kokoh dan tidak mudah disabotase orang lain.
  5. Tarik kabel CCTV dari DVR ke kamera Outdoor sesuai kebutuhan.
  6. Pasang Konektor DC dan BNC di kamera.
  7. Pasang Konektor BNC di ujung kabel ke DVR.
  8. Kupas kabel DC RG59 yang ada di dekat DVR dan hubungkan dengan Power Supply Kamera.
  9. Instalasi selesai dan seharusnya Gambar sudah bisa tampil di layar Monitor.

Cara Setting DVR CCTV Hikvision

Setelah melakukan pemasangan kamera CCTV, langkah selanjutnya adalah setting DVR. Setting DVR Hikvision ini meliputi setting bahasa, rekaman, format storage, setting online dan lain sebagainya.

Lebih singkatnya di sini kami akan memberikan turorial singkat mengenai setting standar DVR CCTV Hikvision. Mesin perekam CCTV yang sering dipakai adalah jenis DVR Analog. Untuk yang model jenis IP bisa dibaca di artikel lain.

Mengatasi Hikvision Tidak Konek di HP

Jika CCTV sudah terpasang dan mengalami masalah yaitu CCTV tidak konek ke handphone jangan panik. Anda bisa memperbaikinya dengan beberapa langkah yang cukup mudah.

Langkahnya anda bisa memeriksa apakah koneksi internet berjalan dengan lancar. Cek juga apakah kabel LAN mengalami masalah atau tidak karena yang biasanya terjadi terkadang kabel rusak karena dimakan tikus atau putus kerena ada perubahan posisi modem.

Untuk lebih tahu detil mengenai cara mengatasi DVR Hikvision tidak konek ke Handphone anda bisa menyimak di artikel lain di situs ini.

Kesimpulan

Cara pasang CCTV Hikvision relatif sama dengan pemasangan CCTV lainnya. Jika anda sudah pernah memasang CCTV wifi atau sejenisnya kemungkinan anda juga bisa dengan mudah memasang CCTV hikvision ini.

© 2024 - JasaPasang.net
Jasa IT Profesional & Berpengalaman