Kelebihan dan Kekurangan CCTV WiFi

Kamera CCTV wifi saat ini semakin digemari konsumen karena simpel dan harganya yang relatif murah. Pemasangan CCTV ini tidak begitu ribet bahkan bisa dipasang tanpa perlu bantuan teknisi. Akan tetapi tentunya di balik harganya CCTV wifi ini juga tentu memiliki kekurangan.

Kian merebak karena harga yang relatif murah daripada CCTV kabel. Lalu, Kira-kira apa kelebihan dan kekurangan CCTV WiFi? Yuk kita bahas di sini.

Apa itu CCTV WiFi / Wireless?

Sesuai namanya CCTV Wireless ini bekerja tanpa perlu kabel jaringan. Dalam artian CCTV ini tidak perlu tersambung dengan perangkat perekam baik DVR maupun NVR. Perangkat ini hanya perlu Wifi untuk dapat bekerja dan bisa dikendalikan dari jauh via aplikasi handphone.

Rata-rata CCTV Wifi yang beredar di pasaran hanya bisa terkoneksi dengan wifi 2.4 Ghz dan tidak bisa di WiFi 5 Ghz. Namun, ini tidak akan menjadi masalah karena biasanya wifi rumah menggunakan frekuensi wifi 2.4 Ghz.

Umumnya, CCTV ini bisa berputar 360 derajat sehingga lebih leluasa mencari titik fokus area yang mau kita pantau. Tetapi ada juga CCTV Wifi yang Fixed dan tidak bisa diputar 360 derajat secara remote.

Untuk data rekaman CCTV memakai Micro SD sebagai sarana penyimpan videonya. Semakin besar kapasitas Micro SD maka akan semakin panjang daya simpan rekaman.

Kelebihan dan Kekurangan CCTV Wifi

Sekiranya sesuai di atas anda tahu apa itu CCTV WiFi. Nah, Berikutnya kita akan bahas yaitu kelebihan dan kekurangan CCTV Wireless tanpa kabel ini.

Kelebihan CCTV Wireless

  • Harga yang relatif murah dibandingkan dengan CCTV konvensional. Anda bisa mendapatkan alat ini dengan harga mulai 100 ribuan.
  • Proses pemasangan yang cukup mudah sehingga bisa anda kerjakan sendiri tanpa bantuan teknisi. Meski memang ada beberapa merk CCTV wifi yang cara pemasangan sulit.
  • Kebanyakan CCTV Wifi bisa berputar 360 derajat yang bisa diatur lewat aplikasi handphone. Hal ini memudahkan pengguna untuk mencari sudut-sudut mana yang menjadi prioritas tanpa naik turun setting manual.

Kekurangan CCTV Wireless

  • Daya tahan lebih pendek jika dibandingkan CCTV konvensional. Kamera CCTV konvensional bisa bertahan bertahun-tahun sehingga lebih handal.
  • Karena rekaman tersimpan di Micro SD yang tertanam di badan kamera maka jika unit hilang maka rekaman juga ikut hilang. Berbeda dengan CCTV profesional yang menggunakan DVR sebagai media simpan data rekaman.

Nah, itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan CCTV Wireless tanpa kabel. Pilihan Wireless atau kabel tentunya sesuai dengan kebutuhan.

Copyright © 2022 - JasaPasang.net
Kontak CS Via Whatsapp
Online Support 24/7
1 2 3